SEJARAH SINGKAT TAPAK SUCI

Jumat, 27 Agustus 2010




DASAR
Dan sediakanlah untuk (melawan )mereka , apa-apa yang kamu bisa dari pada kekuatan  dan daripada persediaan kuda-kuda yang bisa kamu takutkan dengannya akan musuh ALLAH dan musuh kamu . Dan (musuh) lain dari mereka yang kamu tidak tahu (tetapi ) ALLAH  mengetahui mereka :karena apa-apa yang kamu belanjakan di jalan ALLAH , akan disempurnakan (ganjarannya)kepada kamu ,dan kamu tidak akan dianiaya "’(Q.S AL Anfal, ayat 60)
MAKSUD DAN TUJUAN
1.       Mendidik serta membina ketangkasan dan ketrampilan Pencak Silat sebagai bela diri , seni , olah    raga dan budaya bangsa Indoonesia
2.        Memelihara dan mengembangkan kemurnian Pencak Silat Aliran TAPAK SUCI sebagai budaya bangsa yang luhur daan bermoral sesuai dan tidak menyimpang dari ajaran Islam serta bersih dari syirik dan menyesatkan.
3.       Mendidik dan membina anggota untuk menjadi kader Muhammadiyah
4.       TAPAK SUCI Menggembirakan dan mengamalkan Dakwah Amar Ma'ruf Nahi Munkar dalam usaha mempertinggi ketahanan nasional.
LAMBANG PERGURUAN TAPAK SUCI
bentuk bulat : bertekad bulat,
berdasar biru : keagungan,
bertepi hitam : kekal dan abadi melambangkan sifat Allah SWT,
bunga mawar : keharuman,
warna merah : keberanian,
daun kelopak hijau :kesempurnaan,
bunga melati putih : kesucian ,
jumlah sebelas : rukun Islam dan rukun iman,
tangan kanan putih : keutamaan ,
terbuka : kejujuran ,
berjari rapat  : keeratan,
ibu jari tertekuk : kerendahan hati,
sinar matahari kuning : putera Muhammadiyah,
Keseluruhan lambang tersimpul dengan nama Tapak Suci yang berarti :
Bertekad bulat mengagungkan asma Allah Subkhanahu wata'ala, kekal dan abadi.
Dengan keberanian meyerbakan keharuman dengan sempurna.
Dengan kesucian menunaikan rukun Islam dan Rukun Iman .
Mengutamakan keeratan dan kejujuran dengan rendah hati
.
Secara resmi Perguruan Tapak Suci didirikan pada tanggal 10 Rabi’ul Awal 1383 H, yang bertepatan dengan tanggal 31 Juli 1963 M.
Tapak Suci sebagai suatu Lembaga Seni Beladiri, pada saat ini sudah berkembang pesat menjadi Perguruan Seni Bela Diri yang berwawasan nasional. Hampir disetiap Propinsi Daerah Tingkat I di seluruh wilayah Indonesia telah berdiri Pengurus-pengurus wilayah Tapak Suci. Bergandengan erat dengan pengurus Wilayah Persyarikatan Muhammadiyah
.Bersama itu pula berdiri Pengurus Daerah di tiap-tiap Daerah Tingkat II bergandengan dengan pengurus Daerah Muhammadiyah.
Hal ini tidak mengherankan sebab Tapak Suci, selain digemari oleh remaja dan taruna, juga sebagai lembaga yang telah menjelma menjadi salah satu Organisasi Otonom (ORTOM) di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah. Itulah sebabnya maka Tapak Suci sebagai Lembaga Seni Bela Diri, diberikan predikat sebagai LEMBAGA BELADIRI TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH Pada Konferensi Nasional TAPAK SUCI di Malang Jawa Timur nama PERGURUAN TAPAK SUCI diubah menjadi : TAPAK SUCI, LEMBAGA PERGURUAN SENI BELADIRI PUTERA MUHAMMADIYAH
.Selanjutnya pada Muktamar IX di Jakarta nama itu diganti menjadi : PERGURUAN SENI BELADIRI TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH.
Sejak berdirinya di tahun 1912 Muhammadiyah melalui dakwah amar ma'ruf nahi mungkar-nya telah berhasil memikat banyak kalangan, tak terkecuali kalangan pendekar dan pesilat. Dakwah KH. Ahmad Dahlan ini telah memikat para pendekar dan ulama di daerah, dengan surau-surau mereka yang selama ini tidak saja telah mendidik anak muridnya dalam mendalami agama Islam namun juga telah mempelajari ilmu beladiri pencak silat. Dan memang telah menjadi suatu kenyataan sejak dulu bahwa kegiatan pendidikan agama di surau dan pesantren umumnya senantiasa dibarengi pula dengan pendidikan ilmu beladiri pencak silat yang diberikan oleh sang guru. Istilah Shalat dan Silat setidaknya menjadi bukti dari adanya semangat itu. Semangat inilah yang menunjukkan bahwa betapa masa lalu ternyata telah memperlihatkan suksesnya keharmonisan pendidikan agama dan pendidikan bela negara, dimana para ulama memasukkan pengajaran-pengajaran tentang bela diri, bela umat, bela negara, dalam kajian-kajian agama Islam.

Hal ini terlihat semakin jelas jika kita mengikuti lintasan sejarah tentang para ulama-ulama yang juga pendekar yang tersebar di seluruh tempat di Nusantara. Sebut saja Malaka, Kesultanan Ternate dan Tidore, kemudian Para Wali, Teuku Cik di Tiro, Imam Bonjol, KH. Zainal Mustafa, Pangeran Diponegoro, Sultan Hasanuddin, dan beribu-ribu nama lainnya, yang mana menunjukkan bahwa kalangan ulama adalah perintis pengembang pencak silat di Nusantara.

Di dalam keluarga Muhammadiyah sendiri pun kita dapat menemui beberapa tokoh yang ternyata dalam sejarah kehidupannya mereka ternyata juga seorang pendekar. KH. Mas Mansur contohnya. Selain dikenal gemar sepak bola, namun beliau juga dipercaya menguasai ilmu pencak silat yang tangguh dengan permainan kaki sebagai andalannya. Sebelum kelahiran TAPAK SUCI, KH.Busyro Syuhada yang secara formal dikenal sebagai seorang ulama yang memiliki pesantren di Binorong, Banjarnegara, ternyata juga adalah pengembang silat aliran Banjaran. Adapun kali pertama pertemuannya dengan kakak beradik; A.Dimyati dan M.Wahib yaitu adalah ketika beliau datang ke Konferensi Pemuda Muhammadiyah, di Kauman-Yogyakarta. Pasca kelahiran TAPAK SUCI, disitu kita dapat temui nama H. Djarnawi Hadikusumah, seorang pendekar yang tergolong mumpuni yang mana publik mengenal sosoknya lebih sebagai ulama Muhammadiyah. Sesungguhnya masih banyak kenyataan-kenyataan yang menceritakan bahwa betapa kaum ulama-lah golongan yang paling banyak menjadi perintis (pioneer) pengembangan ilmu pencak silat, termasuk ketika Muhammadiyah bergiat menyebarkan dakwahnya ke pelosok-pelosok daerah.

Inilah sesungguhnya penggerak munculnya Pencak Silat TAPAK SUCI di kalangan Muhammadiyah, yaitu dari satu cita-cita untuk membentuk wadah pencetak kader ulama-pendekar. Walau pun impian itu baru terwujud pada tahun 1963, namun upaya untuk membentuk wadah itu telah dirintis sejak lama dan telah memakan pengorbanan yang tidak sedikit. Dan oleh KH. A. Badawi--Ketua PP Muhammadiyah masa itu--semangat cita-cita itu ditangkap kuat sehingga kemudian beliau berjasa besar ketika memimpin memperjuangkan TAPAK SUCI untuk menjelma menjadi organisasi otonom.Muhammadiyah.di.tahun.1964.

Ciri.Khas..TAPAK.SUCI
Pencak Silat TAPAK SUCI merupakan beladiri Indonesia yang tidak saja menekankan daya gunanya pada ilmu beladiri (perkelahian) semata, namun juga menekankan daya guna yang sama kuat dalam hal seni. Namun dalam kerangka sebagai ilmu beladiri, TAPAK SUCI merupakan beladiri yang praktis. Sifatnya yang metodis dan dinamis-lah yang membuat beladiri ini menjadi beladiri yang praktis yang terus berkembang. Sebagai beladiri praktis, Pencak Silat TAPAK SUCI tidak memiliki jurus khusus tangkisan, tetapi tangkisan itu sendiri sebenarnya adalah serangan. Posisi kuda-kudanya pun dapat disesuaikan dengan keadaan dimana ada kuda-kuda bawah (untuk permainan bawah), kuda-kuda tengah, dan kuda-kuda atas. Dengan sikap tangan yang terpola dalam lintasan Bunga Mawar Menyongsong Matahari mengesankan TAPAK SUCI memang memperhatikan daya guna beladiri dan daya guna seni di dalamnya.
Dalam pola langkah, dalam pendasaran TAPAK SUCI memiliki langkah, menggeser, melipat, dan sikap balik sebagai bagian dari tata gerak kaki. Bahkan keilmuan TAPAK SUCI telah berhasil menemukan formula adanya empat belas titik hadap yang efektif dalam.kajian.pola.langkah.

Delapan.Jurus

Keilmuan ragawi Pencak Silat TAPAK SUCI tersimpul dalam delapan kelompok jurus, yang masing-masing jurus diambil namanya dari nama-nama flora dan fauna. Delapan Jurus itu adalah: Bunga Mawar, Katak, Naga, Ikan Terbang, Merpati, Rajawali, Lembu, dan Harimau. Masing-masing memiliki karakter dan pola yang khas. Berbasis pada delapan jurus itulah keilmuan TAPAK SUCI dikembangkan. Terutama dengan masuknya beberapa pendekar di daerah, kiranya menambah perbendahaarn keilmuan yang membuatnya makin berharga untuk dipelajari oleh setiap mereka pewarisnya.
Tak terbatas pada permainan tangan kosong, TAPAK SUCI pun mengenal permainan senjata. Filosofi ini diambil ketika Pendekar Besar M. Barie Irsjad menemukan formula bahwa jika ingin mengalahkan orang bersenjata maka harus memahami permainan senjata.

Beladiri is a science
Sejak awal di dalam TAPAK SUCI memang telah populer istilah adu kaweruh. Ditambah dengan keilmuannya yang metodis dan dinamis, TAPAK SUCI berhasil mengantarkan pewarisnya untuk berpikir rasional dan ilmiah. Beberapa nama seperti M. Wahib, M.Zahid, dan M. Barie Irsjad, mereka dapat disebut sebagai icon-icon kejeniusan dalam keilmuan beladiri TAPAK SUCI. Semangat inilah yang mengantarkan pewaris keilmuan ini kepada pintu gerbang ilmu, dimana beladiri is a science--dimana beladiri adalah ilmu pengetahuan.
Salah satu ciri khas TAPAK SUCI adalah dalam penampilannya bersifat rasional, bukan emosional, adalah faktanya. Diiringi dengan semangat Al Qur'an dan As Sunnah, memperkuat jati diri TAPAK SUCI sebagai pencak silat Islami. Kiranya itulah kelanjutan dari periode perintisan pencak silat oleh kaum 'ulama, dimana pencak silat.dikembangkan.oleh.kaum.yang.berilmu.

Ini semua tidak lepas dari do'a dan cita-cita para pendekar-pendekar pendahulu, termasuk sejak pra kelahiran TAPAK SUCI.
Ini semua pula tak lepas dari do'a dan cita-cita para ulama, termasuk ulama dan pendekar di Muhammadiyah. TAPAK SUCI tidak dibuat dalam satu malam atau dalam satu dua hari saja. Lebih dari itu, TAPAK SUCI tidak didesain untuk sanggup berdiri hanya selama lima atau sepuluh tahun saja, namun untuk selama-lamanya. Dan bahkan sejak berdirinya telah dicita-citakan bahwa gerakan TAPAK SUCI bukan semata gerakan kampung semata, tetapi menjadi gerakan dunia.


Dengan Iman dan Ahlaq Saya Menjadi Kuat, Tanpa Iman dan Ahlaq Saya Menjadi Lemah.
Pada kesempatan ini akan diperkenalkan beberapa jurus dasar dan teknik praktis yang merupakan materi latihan pada tingkat-tingkat tertentu .

Jurus Dasar
Pada umumnya, jurus dasar di Tapak Suci mengambil dari nama-nama flora dan fauna. Hal ini dimaksudkan agar mudah untuk dihafal.

Bunga Mawar Mekar
Alat penyasar adalah punggung telapak tangan dengan bentuk tangan tiga jari melengkung, telunjuk lurus, ibu jari melengkung renggang. Lintasan lurus dalam keluar bawah.Teknik kegunaan adalah tangkisan

Bunga Mawar Layu
Alat penyasar adalah telapak tangan dalam dengan bentuk tangan tiga jari melengkung, telunjuk lurus, ibu jari melengkung renggang. Lintasan lurus dalam ke dalam bawah.Teknik kegunaan adalah tangkisan.

Katak Melempar Tubuh
Alat penyasar adalah pangkal jari tengah dan telunjuk pada permukaan tangan mengepal. Lintasan lurus ke tengah.Teknik kegunaan adalah serangan (pukulan).

Naga Terbang
Alat penyasar adalah sisi telapak tangan luar bagian dalam, empat jari terbuka rapat, ibu jari ditekuk. Lintasan keluar datar.Teknik kegunaan adalah serangan (pukulan).

Tandukan Lembu Jantan
Alat penyasar adalah seluruh permukaan siku. Lintasan lingkar ke dalam datar. Kegunaan adalah serangan (sikutan).

Harimau Membuka Jalan
Alat penyasar adalah tumit kaki bagian dalam, kelima jari menekuk ke atas. Lintasan lingkaran ke dalam lurus.Teknik kegunaan adalah serangan (tendangan).

Ikan Terbang Menjulang ke Angkasa
Alat penyasar adalah ujung telapak kaki, kelima jari membentuk sudut ke atas. Lintasan lurus ke depan tengah.Teknik kegunaan adalah serangan (tendangan).

Ikan Terbang Menggoyang Sirip
Alat penyasar adalah punggung kaki pada kelima jari kaki rapat melengkung ke dalam. Lintasan lingkar ke dalam datar. Teknik kegunaan adalah serangan (tendangan

Tangkai Mawar Tertiup Angin
Adalah salah satu jenis hindaran untuk melepaskan diri tanpa memindah lintasan serangan.
Hindaran setengah badan dengan meliukkan pinggang keluar . Hindaran setengah badan dengan meliukkan pinggang ke dalam.
SUSUNAN PENGURUS TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH
PIMPINAN DAERAH 68 BONTANGPERIODE TAHUN 2006 – 20011

” DENGAN IMAN DAN AKHLAK  MENJADI KUAT
TANPA IMAN DAN AKHLAK  MENJADI LEMAH”


KETUA                                     : H.EDDY JOENARKO,Amd.Kep.SH.P.MDy
WAKIL KETUA                          : JAKA PRASTIWA.P.Ma

SEKRETARIS I                         : Drs.KUSNUL NURMANTO,Msi.
SEKRETARIS II                                    : ACHMAD SUMANTO.

BENDAHARA I                                     : BUDIYONO.
BENDAHARA II                                    : MAIRINA NAWI.

KETUA DEWAN PELATIH        :           : M.NAWI AS
                                                                   H. SUKRAWA.
                                                                   H.SETYO BUDIANTO
                                                                   MARJUKI.

KETUA DEPARTEMEN   I                    : SUTARMIN,P.Ma
KETUA DEPARTEMEN   II                   : H.JOKO PRIYONO.P.Ka
KETUA DEPARTEMEN  III                     Drs. JOKO PURNOMO.P.MDy

ANGGOTA PLENO                   :             H.SULTON,Amd.Kep.
                                                                 GUNTUR PATINGGI.
                                                                 M.NURWACHID
                                                                 SABARIA,AMd
                                                                 Drs.BAMBANG.I

Profil Ketua Pimpinan Daerah 68
Tapak Suci Putera Muhammadiyah Bontang.


Nama                                       : H.Eddy Joenarko,AMd.Kep.SH.
Tempat Tanggal Lahir                 : Pasuruan 22 Oktober 1962
Alamat                                      : Jl.Semangka 24 Komplek BTN PKT Bontang.
                                                  Tilp.(0548 ) 24623 HP.085250243433
                                                  Fax.( 0548 ) 41555.
                                                  Email  www.s4v4l4s.yahoo.co.id
Pendidikan                                : D-3 Poltekkes Keperawatan.
                                                  S-1 Hukum.
                                                  Mahasiswa S-2 Magister Manajemen / MM-UGM.
Pekerjaan                                  : PT.Pupuk Kaltim Bontang.
                                                  Wasop - SPI
Ketingkatan                               : Pendekar Madya.


0 komentar: